3. Apa yang membedakan pengembangan software dengan pengembangan sistem informasi? Jelaskan.

Pengembangan Software

Pengembangan software adalah sebuah metodologi pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk struktur, perencanaan, dan pengendalian proses pengembangan sistem informasi. Dalam pengembangan software digunakan beberapa alat, model dan metode, untuk membantu dalam proses perencanaan dan pengembangannya. Pendekatan penggunaan software yang digunakan adalah :

1.      Waterfall, yaitu suatu proses pengembangan yang saling berurutan. Pengembangan berikutnya tergantung dari hasil sebelumnya dan melalui tahapan analisis kebutuhan, desain, penerapan, pengujian (validasi), integrasi, dan pemeliharaan.

2.      Prototyping yaitu kegiatan yang didokumentasikan selama pengembangan perangkat lunak untuk menciptakan prototype yang dimulai dengan pengumpulan kebutuhan.

3.      Spiral, yaitu suatu model proses software yang merangkai sifat iteratif dari prototipe dengan mengendalikan aspek sistematis. Model ini mengembangkan software yang telah dibuat. Model spiral dibagi menjadi sejumlah aktifitas kerangka kerja, disebut juga wilayah tugas, di antara tiga sampai enam wilayah tugas, yaitu :

  • Komunikasi Pelanggan: yaitu identifikasi kebutuhan pelanggan.
  • Perencanaan: yaitu wilayah yang bertugas untuk mengembangkan kebutuhan-kebutuhan pelanggan, mencari sumber daya yang tepat serta membuat metode pengerjaan dan mencari informasi yang relevan.
  • Analisis Risiko: yaitu bagian yang mempelajari kemungkinan-kemungkinan yang muncul dari pengembangan ini.
  • Perekayasaan: membangun satu atau lebih representasi dari aplikasi tersebut.
  • Konstruksi dan peluncuran: yaitu wilayah yang melingkupi tugas-tugas yang dibutuhkan untuk mengkonstruksi, menguji, memasang (instal) dan memberikan pelayanan kepada pemakai (contohnya pelatihan dan    dokumentasi).
  • Evaluasi pelanggan: yaitu wilayah yang melingkupi tugas-tugas yang dibutuhkan untuk mengevaluasi hasil dari sebuah software dan mengetahui apakah software tersebut mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dan sesuai dengan tujuan.

Menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dalam blog Analisa Setyowati [1], software adalah suatu program komputer, prosedur, data dan semua dokumentasi yang berhubungan operasi pada sistem komputer dengan kata lain software merupakan kumpulan dari object membentuk konfigurasi yang didalamnya termasuk program, dokumen, dan data.

Pengembangan software adalah suatu aplikasi sistematik, disiplin, pendekatan kuantitatif untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan dari software, dengan kata lain software engineering merupakan sebuah metodologi pengembangan perangkat lunak (software) yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem hingga pada tahap pemeliharaan sistem setelah digunakan dengan tujuan untuk membuat perangkat lunak yang tepat dengan metode yang tepat.

Pengembangan sistem informasi adalah merupakan proses pengembangan sistem untuk menghasilkan sistem informasi (CBIS atau computer based information system) dimana metodologi pengembangan sistem digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan pengelolaan dan pengendalian komponen sistem informasi (sumber daya manusia, hardware, software, jaringan, sumberdaya data dan produk informasi).

Pengembangan Sistem Informasi.

Pengembangan sistem informasi sering disebut sebagai proses pengembangan sistem. Pengembangan sistem adalah kegiatan untuk menghasilkan sistem informasi berbasis komputer untuk menyelesaikan kendala yang muncul dalam sebuah organisasi / perusahaan. Dalam pengembangan sebuah sistem informasi, digunakan  konsep SDLC (system development life cycle). SDLC adalah suatu proses yang kontinu untuk menciptakan atau mengubah sebuah sistem. SDLC merupakan sebuah model yang digunakan untuk melakukan pengembangan sistem. SDLC dapat mendukung kebutuhan bisnis, rancangan dan pembangunan sebuah sistem. Tahapan SDLC meliputi proses :

1.      Planning. Dalam proses perencanaan biasanya ditentukan suatu tujuan pembuatan sistem.

2.      Proses Analisis. Setelah perencanaan telah dibuat, maka dilakukan tahapan analisis dengan memberikan detil dan elemen-elemen yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Misalnya waktu dan tempat dimana sistem tersebut akan dibuat.

3.      Design adalah suatu tahapan yang mengembangkan perencanaan dan proses analisis menjadi sebuah sistem yang akan berjalan.

4.      Tahap terakhir yaitu implementasi dimana sistem akan diterapkan untuk menunjang kebutuhan.

Menurut Angelia dalam blognya [2], perbedaan antara pengembangan sistem informasi dengan pengembangan software adalah pengembangan sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, software development dan proses. Sedangkan pengembangan software merupakan bagian dari pengembangan sistem yang meliputi pembangunan software, infrastruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

DAFTAR RUJUKAN

[1]  http://analisa.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/08/01/1-apa-yang-membedakan-pengembangan-software-dengan-pengembangan-sistem-informasi/

[2]  http://angelia.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/08/01/1-apa-yang-membedakan-pengembangan-software-dengan-pengembangan-sistem-informasi/

DAFTAR KOMENTAR

http://analisa.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/08/01/1-apa-yang-membedakan-pengembangan-software-dengan-pengembangan-sistem-informasi/#comment-9

mira aji indrasari says:

Terima kasih atas tulisan sdri. Analisa Setiawati yang sangat bermanfaat bagi saya yang sedang mempelajari mengenai pengembangan software dan pengembangan sistem informasi. Tulisan Anda sangat baik memaparkan mengenai software dan sistem informasi, ditambah Anda juga dapat membandingkan keduanya dengan baik. Anda juga telah menyertakan tahapan dan paparan mengenai pengembangan keduanya sehingga saya dapat memahami tulisan Anda dengan bahasa yang mudah dimengerti. Jika boleh saya memberi sedikit saran, akan lebih baik jika Anda memberikan contoh-contoh yang biasanya diterapkan dalam suatu perusahaan. Misalnya bagaimana suatu perusahaan pengembangan software melakukan tahapan-tahapan dalam pembangunan software yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Contoh lain misalnya mengenai pengembangan dan penerapan sistem informasi yang diterapkan suatu perusahaan agribisnis dalam mengelola rantai pasok perusahaannya.

http://angelia.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/08/01/1-apa-yang-membedakan-pengembangan-software-dengan-pengembangan-sistem-informasi/#comment-19

mira aji indrasari commented

Terima kasih atas penjelasan sdri. Angelia mengenai hal-hal yang membedakan pengembangan software dengan pengembangan sistem informasi.Saya setuju dengan kesimpulan sdri. Angelia kemukakan bahwa perbedaan perbedaan keduanya terletak pada ruang lingkup dan komponen-komponen yang mendukung pengembangan tersebut dimana pengembangan software adalah bagian dari pengembangan suatu sistem. Pengembangan sistem informasi adalah pengembangan sistem yang berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, software development dan proses. Sedangkan pengembangan software meliputi pembangunan software, infrastruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.